Sabtu, 01 Agustus 2009

"Geser - Menggeser - Pergeseran", Siapa Menyalip Di Ujung Jalan..??

Tatanan geopolitik internasional mulai berubah. Bangsa manapun kian dikejar oleh laju peradaban global.Pergeseran kekuatan internasionalpun mulai tampak bentuknya. Masihkah USA akan tetap mengklaim dirinya sebagai negara adi daya dan polisi dunia? sementara banyak prediksi yang mengatakan bahwa kekuatan internasional & kekayaan global sudah dan mulai bergeser dari negara maju di barat menuju ke dunia bagian timur. Sebut saja Timur Tengah, yang beberapa dekade silam sering di cemooh sebagai pantat peradaban dunia. Tapi kini dengan keberaniannya telah menyodok kompetisi global. Rusia dengan kekuatan investasi dan kekuatan energinya kembali menunjukkan taringnya sebagai negara besar yang pernah berjaya sebelumnya. Dan dataran ASIA kembali unjuk gigi dan sedang berusaha menjadi negara dengan centra manufaktur dan sektor jasa lain.
Wah...!!!! Pamor USA kian pudar, bagaimana kelak peran presiden barunya?( anda boleh berkomentar).
Dan sepertinya ekses dari pergeseran tersebut akan berakibat pada konflik dan perebutan pengaruh serta sumber daya alam. Loh,keinginan China juga India utk menuju negara denngan sistem kapitalisme dunia sepertinya akan tetap berlangsung. Wah, bener-bener gawattttt dan menarik......!!!!
Nah, yang menarik untuk negeri kita Indonesia-Iran-Turki kini telah berada pada piramida persaingan baru untuk berebut pengaruh dunia internasional...(Semoga bangsa kita yang jadi pemenang ya...)
Ini peranan negara bangsa dalam tatanan global.
Tapi bagaimana? Apa tidak gawat juga, jika bangunan Natian-State pudar oleh peran masyarakatnya yang berkolaborasi dengan sektor gabungan di seluruh dunia dan membentuk sistem sendiri.....????
Allama'....!!!!
Pernahkah kita berpikir sampai kesana?
Dan tentang Merah-Putih ini......!!!!!
Akankah Indonesia sebagai Nation-State yang menurut Ben Andersson adalah "An Imajined (Political) Community- Komunitas Yang Dikonstruksikan secara Sosial Politik, serta dibayangkan secara inheren,terbatas dan berdaulat- tetap ada?

Belum lagi kita ngomongin tentang perang modern di bumi NKRI kita?
Lagi-lagi tentang USA, Uni Eropa, Timur Tengah. Kok mau-maunya kita di acak-acak mereka melalui ideologi,ekonomi,geografis
. Wah, kacau....!!!!

Harapan baru tentunya ada di momentum 2009 dengan pemimpin baru terpilih, kira-kira bagaimana ya peranannya?

Serius Ametttttttttttttttttttt.....!!!!
Kita maen-maen aja yuk....!!!!!
Maen YOYO Vs GASING aja yang lagi musim?
Tapi ini kan 2009, kita main beteng-betengan aja, antara kita saling berebut beteng dan saling mempertahankan beteng.
Atau mau bermain Bola Kastii?
Pukul Bola terus Berlari-Ketika di lempar bola kasti kita Berkelit-Tidak kena,kita menang lagi deh....!!!!

Jika temen-temen bosan dengan YOYO & GASING, main Bola Kasti aja yuk.....!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar